Siapkan Duit! Negara Ini Bakalan Jual Puluhan Ribu Gajah, Minat Beli?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kamu punya impian memeliara gajah? Ya siap-siap aja, mimpimu itu bakalan bisa terwujud dalam waktu dekat, asal punya duit. Soalnya, pemerintah Zimbabwe berencana menjual puluhan ribu gajah di negara mereka kepada siapapun yang membutuhkan.

Disampaikan Presiden Zimbabwe Emmerson Mngangagwa, negaranya saat ini mengalami kesulitan dalam mengontrol populasi gajah yang kian tinggi, sehingga opsi keputusan menjual hewan bertubuh besar itu secara legal akhirnya diambil.

“Kami siap menjual hewan itu, bahkan kadang kami menyumbangkannya,” kata Emerson, seperti dikutip dari CNN, Rabu 26 Juni 2019.

Dalam pidatonya di akhir pertemuan Uni Afrika di Victoria Falls, Selasa 25 Juni 2019 waktu setempat, Emerson berkata negaranya saat ini tercatat menampung 84 ribu ekor gajah. Sementara kesanggupan Zimbabwe mengurusi hewan itu hanya sebatas 50 ribu ekor saja.

Targetnya, Zimbabwe akan diskon gajah besar-besaran kepada negara tetangganya, Angola. Apalagi, saat ini Angola sudah relatif aman untuk hewan karena ranjau darat sisa-sisa perang telah dipindahkan, sebagian perlahan dimusnahkan.

Penjualan gajah itu terbukti menambah pendapatan Zimbabwe. Mei 2019 lalu, dari penjualan gajah ke Cina dan Dubai saja Zimbabwe mengantongi sekitar 2,7 juta dolar AS, yang rencananya dipakai untuk mendukung konservasi.

Pada KTT PBB, Emerson juga menyerukan pencabutan larangan perdagangan gading global agar negaranya dapat menjual persediaan gading dan cula badaknya yang bernilai 600 juta dolar AS.

Penjualan gading dilarang oleh perjanjian internasional tentang perdagangan spesies langka. Namun, Zimbabwe dan negara-negara tetangganya Botswana, Namibia, dan Zambia, dengan dukungan Afrika Selatan, mengajukan permohonan baru untuk mencabut pembatasan tersebut.

Negara-negara tersebut memiliki lebih dari setengah gajah di dunia. Mereka memiliki stok cadangan jutaan dolar yang mereka katakan bisa dijual untuk mendanai konservasi.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini