Siapa Bilang Dihapus? Mendikbud Sebut UN Masih Ada Tahun 2020

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Kalian jangan gembira dulu ya dengan kabar akan dihapusnya Ujian Nasional (UN) di periode kedua Joko Widodo sebagai Presiden RI. Soalnya, Mendikbud Nadiem Makarim memastikan UN masih tetap ada pada 2020 mendatang.

Namun, Nadiem mengaku ia masih terus menggodok wacana penghapusan UN, hanya saja eksekusinya belum bisa tahun ini atau tahun depan.

“2020 kan masih akan jalan UN. Itu kan sudah kami umumkan biar tenang bagi yang sudah belajar dan lain-lain. Ini keputusan untuk yang di tahun berikutnya,” kata Nadiem, Sabtu 30 November 2019.

Nadiem mewacanakan penghapusan UN setelah mendengar beberapa keluhan dari masyarakat. Ada juga yang hanya mengeluhkan efek negatif dari UN.

Nadiem bermaksud bukan cuma soal penghapusan UN. Dia ingin ada evaluasi soal ujian akhir siswa di sekolah.

“Jadi bukan semua ini wacana menghapus-menghapus, tapi juga wacana memperbaiki esensi dari UN itu sebenarnya apa, apakah menilai prestasi murid atau menilai prestasi sistem,” ujar Nadiem.

“Mengenai UN, ini sedang dikaji. Menurut saya harus ada semacam tolok ukur, itu penting ya, nggak bisa hanya semuanya terjadi evaluasi di dalam sekolah,” katanya menambahkan.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini