Siap-Siap, Akhir Maret Ini Formasi CPNS 2021 Diumumkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejumlah formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 untuk beberapa kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda) bakal diumumkan akhir Maret ini. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Itu akan disampaikan minggu terakhir bulan Maret 2021,” ujar Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko.

Adapun secara jadwal yang ditetapkan Kementerian PANRB, formasi CPNS 2021 disampaikan kepada masing-masing kementerian/lembaga dan pemda pada pekan ketiga Maret ini.

Kendati begitu, jadwal tersebut masih bersifat tentatif, alias belum tetap dan dapat berubah tiap saat. Berikut jadwal seleksi CPNS 2021 yang telah direncanakan:

  1. Penyampaian formasi ke kementerian/lembaga dan pemda: pekan ketiga Maret 2021
  2. Pendaftaran: Mei-Juni 2021
  3. Seleksi Juli-Oktober 2021
  4. Pengumuman kelulusan: November 2021
  5. Pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP): November 2021-Januari 2022

Pemerintah akan menggelar sejumlah seleksi ASN (Aparatur Sipil Negara) seperti Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021. Dipersiapkan hampir 1,3 juta, atau tepatnya sekitar 1,272 juta formasi untuk kedua seleksi tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, proses pengadaan CPNS 2021 dan PPPK tahun ini pengalaman pertama dalam merekrut 1,3 juta ASN, dan jadi rekor terbesar sepanjang sejarah.

Menurut catatan Kementerian PANRB, jumlah 1,3 juta formasi ASN tersebut disediakan untuk perekrutan 1 Juta Guru PPPK, serta seleksi CPNS dan PPPK non-guru untuk pemerintah pusat (kementerian/lembaga) maupun daerah (provinsi/kabupaten/kota).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini