Setiap Tahun, 91 Juta Warga Afrika Sakit karena Makanan Tak Aman

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Uni Afrika Thomas Kwesi Quartey menyampaikan bahwa makanan tak aman telah menyebabkan 91 juta warga Afrika setiap tahun jatuh sakit.

Dari 91 juta yang sakit itu, puluhan ribu di antaranya meninggal dunia setiap tahun. Data ini disampaikannya dalam pidato memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia.

“Keamanan pangan harus jadi prioritas di dunia, terutama Afrika,” ujar Thomas, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat 7 Juni 2019.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia, 600 juta atau hampir 1 dari 10 juta orang di dunia menderita sakit setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi zat tidak aman. Dari jumlah itu, 420 di antaranya meninggal dunia.

Dalam momen yang sama, Duta Besar Mesir untuk Uni Afrika Mohamed Abdelkhalek mengungkapkan sebanyak 137 ribu orang Afrika meninggal setiap tahunnya akibat makanan.

Dalam acara peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia, Uni Afrika mengundang para duta besar, pemimpin negara anggota Uni Afrika, dan perwakilan dari organisasi yang memiliki konsen terhadap isu tersebut.

Acara tersebut diharapkan dapat mendorong dialog dan menginspirasi tindakan guna meningkatkan keamanan pangan. Di sisi lain, ia menjadi pengingat global tentang perlunya mempertahankan tingkat kesadaran publik tentang masalah penting tersebut.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini