Setelah Divonis 3 Tahun Penjara, Bahar Cium Bendera Merah Putih

Baca Juga

MINEWS, BANDUNG -Setelah divonis 3 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Habib Bahar bin Smith langsung mencium bendera merah putih dan membentangkannya.

Sambil membentangkan bendera kebangsaan, Bahar meneriakkan kata takbir “Allahuakbar”. Ia pun setelah menerima vonis tampak menengadahkan tangannya seperti seseorang yang sedang berdoa dan mengaminkan sesuatu.

Bahar juga tampak menyalami para majelis hakim, jaksa dan tim kuasa hukumnya setelah mendengar vonis yang dijatuhkan kepada dirinya.

Sebelumnya, Majelis hakim memutuskan perbuatan Bahar terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan penganiayaan yang masuk ke dalam tindak pidana.

Selain itu, perbuatan Bahar juga termasuk dalam merampas kemerdekaan orang yang mengakibatkan luka berat serta kekerasan terhadap anak.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Habib Sayyid Bahar bin Smith dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda 50 juta dan tetap berada dalam tahanan dengan ketentuan bila tidak dibayar diganti dengan pidana satu bulan,” kata ketua majelis hakim, Edison Muhamad.

Bahar dijerat sesuai dengan dakwaan primer, yakni Pasal 333 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan dakwaan kedua primer Pasal 170 ayat 2 ke-2 KUHP dan dakwaan ketiga Pasal 80 ayat 2 juncto Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kasus penganiayaan oleh Bahar tersebut menimpa dua remaja yang menjadi korban yaitu Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Penganiayaan tersebut dilakukan di pondok pesantren Tajul Alawiyyin milik Bahar di kawasan Bogor pada Desember 2018.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini