Setelah Bantul Gempa Guncang Bengkulu, Pusatnya Gak Jauh dari Gempa Banten

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Setelah Selatan Jawa, gempa juga mengguncang pantai barat Bengkulu. Gempa yang menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan magnitudo 5,2 itu terjadi pada pukul 11.38 WIB.

Kedua gempa tersebut sama-sama berada di Samudra Hindia. Gempa, Minggu siang ini berpusat di 230 kilometer tenggara Enggano, Bengkulu.

Sementara gempa di selatan Jawa pusatnya berada di 105 kilometer barat daya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan kedalaman 10 kilometer atau tergolong gempa dangkal. Magnitudo itu juga berkekuatan magnitudo 5.0.

Begitu juga dengan gempa di Bengkulu berada di kedalaman 10 kilometer. Jika dilihat dari peta yang dikeluarkan BMKG, pusat gempa yang mengguncang Bengkulu tampak tidak terlalu jauh dari gempa yang berpusat di Banten 2 Agustus 2019.

Sementara beberapa menit sebelumnya atau Minggu sekitar pukul 11.09 WIB BMKG juga mencatat gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang Pariaman,

Pusat gempa juga berada di Samudra Hindia dengan kedalaman 28 kilometer dan di arah 93 kilometer Barat Daya Pariaman.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa yang terjadi di Bantul berasal dari Zona Megathrust selatan Jawa di Samudra Hindia.

Hingga kini belum ada penjelasan resmi apakah gempa yang mengguncang Bengkulu juga terjadi dari Zona Megathrust.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini