Setahun Menghilang, Istri Kim Jong-Un Kembali Terlihat di Hadapan Publik

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Ri Sol-ju, istri pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, terlihat mendampingi sang suami menyaksikan pagelaran seni, pada Selasa (16/2). Ri kembali terlihat di hadapan publik setelah menghilang selama setahun.

Kemunculannya terlihat dalam sembilan foto yang diterbitkan oleh kantor berita negara KCNA. Sebelumnya, Kim Jong-Un tidak pernah membawa sang istri dalam kegiatannya. KCNA juga menerbitkan sejumlah foto yang memperlihatkan Kim berziarah ke makam ayahnya, Kim Jong Il.

Beberapa pihak sempat memperkirakan, Ri mungkin sedang sakit. Sementara kelompok penganut teori konspirasi mengatakan bahwa Ri sengaja dihilangkan. Ri tidak pernah terlihat dari publik selama setahun tanpa penjelasan apa pun dari Korea Utara.

Direktur Divisi Penelitian Korea Utara dari Institut Penyatuan Nasional Korea (KINU), Hong Min, menganggap pandemi virus corona menjadi salah satu alasan mengapa Ri tak muncul di depan publik selama setahun terakhir.

Sejumlah ahli juga meyakini Ri yang absen dari publik selama setahun terakhir disebabkan karena perubahan politik internasional. Mengutip Express, hilangnya Ri diprediksi karena terkait wabah virus corona (Covid-19). Hal ini merupakan bentuk pencegahan agar ia tidak tertular.

Reporter: Ade Amalia Choerunisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Puluhan Ribu Wisatawan, Padati Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko Selama Periode Lebaran

Mata Indonesia, Sleman - Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko merupakan Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa Tengah, apa lagi kedua Candi tersebut terletak ditempat yang sangat strategis tidak jauh dari kota Yogyakarta.
- Advertisement -

Baca berita yang ini