Presiden Jokowi bakal umumkan kabinet jilid dua dalam waktu dekat
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dosen FEB UGM, Poppy Ismalina mengungkap ada empat pencapaian positif yang patut diacungi jempol selama satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“4 hal ini mendapat pengakuan internasional, ini kita anggap prestasi dan tidak mudah karena perlu kerja keras,” kata Poppy dalam acara diskusi secara virtual, Jakarta, Jumat 13 November 2020.

Empat hal itu, yakni, dalam satu tahun Presiden Joko Widodo berhasil membawa Indonesia naik kelas menjadi negara upper middle income pada Juli tahun 2020. Kedua, peringkat kemudahan berusaha di Indonesia meningkat.

“Di mata investor global yaitu doing business mengalami peningkatan, sudah diakui 1.000 lebih investor bahwa berusaha di Indonesia semakin mudah dan cepat,” kata Poppy.

Kemudian capaian ketiga, pengelolaan utang luar negeri (ULN) yang baik. Keempat, adalah percepatan pembangunan infrastruktur terbaik ketiga di Asia Tenggara setelah Singapura dan Malaysia.

Menurutnya, pengelolaan ULN dengan percepatan pembangunan infrastruktur sangat berkaitan. Sebab, meningkatnya ULN Indonesia kebanyakan dialokasikan untuk proyek atau program pembangunan infrastruktur yang memiliki efek pengganda bagi ekonomi nasional.

“Jadi alokasi ULN untuk meningkatkan anggaran strategis, karena ULN bukan sebagai beban tapi sebagai investasi,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here