Sering Makan Ikan Mentah Ternyata Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Mungkin bagi masyarakat Jepang menyantap hidangan berbahan ikan mentah baik sashimi maupun sushi sudah menjadi hal biasa. Tapi ternyata selain bermanfaat ada juga dampak negatifnya bagi kesehatan.

Dilansir dari Foodbeast, hidangan dengan ikan mentah memang telah lama menuai pro kontra. Kandungan nutrisi yang berlimpah membuat orang mau melahapnya. Namun di sisi lain ikan mentah berpotensi menyebarkan bakteri hingga parasit yang bisa mengganggu kesehatan.

Ditinjau dari sisi nutrisi yang dikandungnya, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa diantaranya bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fugsi kerja otak, mencegah diabetes hingga menurunkan resiko kanker.

Kandungan omega-3 dalam ikan ini akan berkurang dan bahkan menghilang jika ikan terkena panas berlebih. Sebagai salah satu langkah untuk menjaga nutrisi ini yakni dengan menyantap ikan dalam keadaan mentah.

Dengan ini kandungan omega-3 yang masuk ke dalam tubuh masih dalam keadaan utuh dan terjaga. Nutrisi ikan mentah  jelas berbeda dengan ikan yang sudah melalui proses pemasakan.

Tapi disamping itu, hidangan ikan mentah juga menuai penolakan dari berbagai pihak. Banyak orang beranggapan ikan mentah memiliki potensi terpapar bakteri dan parasit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) ikan yang didapatkan dari perairan Eropa, Amerika Utara dan Asia jauh lebih beresiko tercemar bakteri. Sebagai solusi jika ingin tetap menyantap ikan mentah yakni memastikan ikan dalam keadaan segar dan bersih.

Ketika memilih menu ikan mentah di restoran, perhatikan kebersihan dan kualitas restoran. Jangan ragu mengajukan pertanyaan pada pelayan restoran tentang penanganan makanan yang dilakukan.

Selagi mengonsumsi ikan segar dan dalam jumlah porsi yang wajar, daging ikan mentah tidak akan mengganggu kesehatan Anda. Tapi ada sekelompok orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi ikan mentah, seperti anak kecil, orang tua, orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah dan wanita hamil.

Ikan mentah juga tak boleh dikonsumsi setiap hari. Kandungan merkuri dalam ikan mentah bisa menjadi racun jika mengendap di dalam tubuh dalam jumlah besar.

Tercatat ada beberapa jenis ikan yang mengandung mineral merkuri tinggi antara lain tuna, ikan pedang dan mackarel. Tapi salmon dan udang dianggap paling aman dari merkuri.

The American Heart Association merekomendasikan porsi ideal konsumsi ikan mentah. Dalam seminggu sebaiknya hanya mengasup sekitar 340 gram ikan mentah. Sementara tidak ada aturan maksimal menyantap seafood lain yang diolah matang.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini