Serem! 17 Bayi ‘Manusia Serigala’ Lahir di Spanyol

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Warga Spanyol dikejutkan dengan lahirnya 17 bayi yang terindikasi mengidap hipertrikosis atau sindrom manusia serigala. Kondisi tersebut membuat tubuh dan wajah parah bayi ditumbuhi rambut lebat.

Awalnya orang tua dan dokter tidak mengerti apa yang menyebabkan kemunculan sindrom manusia serigala. Hingga akhirnya investigasi oleh Kementerian Kesehatan Spanyol pada 28 Agustus 2019 lalu mengumumkan sumber masalahnya kemungkinan karena kekeliruan obat.

“Dahi, pipi, lengan, kaki dan tangan anak laki-laki saya penuh dengan rambut. Dia punya alis seperti orang dewasa,” komentar salah satu ibu, Angela Selles, seperti dikutip dari Live Science, Senin 2 September 2019.

Seluruh anak dengan sindrom serigala punya kesamaan yaitu menerima resep obat omeprazole untuk mengatasi masalah refluks asam lambung. Investigasi menemukan kalau obat omeprazole yang diberikan ternyata mengandung minoxidil, obat untuk masalah kerontokan rambut.

Tertukarnya kandungan obat itu bersumber dari kekeliruan proses pengemasan oleh industri. Media lokal El Pais melaporkan seluruh sampel obat yang diduga tertukar sudah ditarik dan industri terkait tak lagi beroperasi sejak 27 Agustus.

Setidaknya ada empat keluarga berencana menuntut pihak industri karena kesalahan mereka.

 

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini