Presiden Cina Xi Jin Ping (kanan) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri)
Presiden Cina Xi Jin Ping (kanan) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri). (Twitter Chinese Mission to UN @Chinamission2un)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki pandangan yang sama dengan Indonesia, Pemerintah Cina menegaskan mendukung Palestina dan menuntut ditegakkannya konsep two-state solution atau penyelesaian dua negara. Presiden Xi Jin Ping juga bakal perkuat ekonomi Palestina.

Hal itu diungkapkan Duta Besar Cina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zhang Jun saat berbicara di Dewan Keamanan PBB, Rabu 22 Juli 2020.

Surat Kabat Israel Hareetz bahkan memuat penyataan keprihatinan Cina terhadap rencana pencaplokan sebagian wilayah Palestina oleh Israel.

Menurut Zhang rencana tersebut jika dilaksanakan akan meningkatkan konflik dan ketegangan di wilayah itu dan Timur Tengah.

“Posisi tegas kami bahwa tidak ada negara yang seharusnya mendukung tindakan sepihak,” kata Zhang Jun.

Melalui akun twitternya, Zhang bahkan menegaskan Presiden Xi Jing Ping akan terus mendukung pengadaan material maupun dukungan teknik untuk mengembangkan ekonomi Palestina maupun taraf hidup masyarakatnya.

Penyelesaian dua negara di wilayah itu juga menjadi perhatian Indonesia yang terus menyuarakannya dalam berbagai kesempatan.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here