Semakin Geram, Trump Desak Perusahaan AS Cabut dari China

Baca Juga

MINEWS.ID, WASHINGTON – Geram dengan sikap Pemerintah China yang memberlakukan tarif senilai 75 miliar dolar AS (sekitar Rp 1,07 kuadriliun) atas barang-barang dari Amerika Serikat, Presiden Donald Trump pada Jumat. 23 Agustus 2019 (Sabtu 24 Agustus 2019 WIB) mendesak perusahaan-perusahaan Amerika Serikat untuk keluar dari China.

Sikap keras Trump ini dikhawatirkan akan menyebabkan perekonomian global jatuh ke dalam resesi.

Pemerintah AS selama ini menuduh China melakukan praktik perdagangan yang tidak adil. Trump juga berupaya mencapai kesepakatan yang akan menyeimbangkan hubungan kedua negara dan dengan memberi keuntungan bagi perusahaan dan tenaga kerja AS. ”Ini harga mati, kita tidak memerlukan China dan, terus terang saja, kita akan lebih baik tanpa mereka. Uang dengan jumlah sangat besar yang dikumpulkan dan dicuri oleh China dari Amerika Serikat, setiap tahun, selama berpuluh-puluh tahun, akan dan harus DIHENTIKAN,” cuit Trump, dalam twitternya, Sabtu 24 Agustus 2019 dini hari.

Masih menurut Trump, “Perusahaan-perusahaan hebat kita, karena itu, diperintahkan untuk segera mencari alternatif selain China, termasuk dengan membawa kembali perusahaan-perusahaan Anda ke tanah air dan membuat produk-produk di AS.”

Belum ada kejelasan soal kewenangan hukum apa yang akan digunakan Trump untuk mewajibkan perusahaan AS menghentikan kegiatan di China atau berhenti menggunakan produk dari negara itu.

Trump juga mengatakan bahwa ia memerintahkan perusahaan layanan pengiriman seperti FedEx, Amazon.com Inc, UPS dan Layanan Pos AS untuk menemukan dan menolak semua pengiriman obat bius pereda rasa nyeri ke Amerika Serikat.

China pada Jumat mengatakan akan menerapkan tarif balasan senilai 75 miliar dolar atas barang-barang AS, dengan pertama kalinya mengincar minyak mentah. China juga menyatakan akan memperbarui pajak-pajak hukuman atas produk otomotif buatan AS.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini