Selamat, Ibukota Indonesia Dinilai Lebih Aman dari Kota-kota di Malaysia dan Australia

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Dalam hal kriminalitas Ibukota Indonesia ternyata dinilai masih lebih aman dari tiga kota di Malaysia seperti Kuala Lumpur, Petaling Jaya dan Johor Bahru.

Survei itu dilakukan sebuah layanan database bernama Numbeo. Data itu diperoleh dari pengguna jasa di kota tersebut.

Jakarta berada di peringkat 92 dengan angka indeks 54,26. Semakin angka dalam survei itu menggambarkan suatu kota semakin aman.

Sedangkan kota lain di Indonesia yang lebih aman yaitu semua kota di Bali yang berada di peringkat 133 dengan indeks kriminalitas 47,66.

Sementara ketiga kota di Malaysia tersebut masing-masing dengan indeks kriminalitas, Kuala Lumpur 66,21, Petaling Jaya 68,28 dan Johor Bahru 56,82.

Beberapa pertanyaan yang diajukan dalam survei itu berkaitan dengan tingkat keamanan dan kriminalitas dalam tiga tahun terakhir kepada 287 penduduk Jakarta yang dipilih secara random.

Untuk menggambarkan rasa aman para responden akan ditanya apakah merasa aman berjalan kaki sendirian di siang hari. Mereka yang merasa aman sebesar 66 persen. Sedangkan mereka yang merasa aman saat berjalan kaki sendirian di malam hari sebesar 34,77 persen.

Para responden di Jakarta justru paling banyak menjawab masalah yang paling banyak terjadi adalah korupsi dan praktik suap. Ada 84,36 persen yang menjawab hal tersebut.

Lucunya, warga Bali merasa lebih aman berjalan kaki sendirian malam hari karena dinilai lebih aman daripada Jakarta.

Numbeo justru menemukan kota paling berbahaya di dunia adalah Caracas. Sebagian besar atau sekitar 45-50 persen khawatir dirampok, mobilnya dicuri, diserang atau serangan SARA. Angka indeks kriminalitas kota itu mencapai 84,92.

Sementara dua kota di Australia yaitu ibukota negara bagian Northern Territory, Darwin dan Townsville, di negara bagian Queensland lebih tinggi angka kriminalitasnya dibandingkan Jakarta dan Bali.

Darwin berada di peringkat 50, sementara Townsville berada di peringkat 65. Kekhawatiran utama bagi warga di Darwin adalah tingkat kriminalitas adalah takut dirampok, takut mobilnya dirusak, dan menjadi korban kejahatan kekerasan.

Selain Caracas, kota lain yang dianggap paling berbahaya menurut survei Numbeo adalah kedua Port Moresby, ibukota Papua Nugini.

Beberapa kota di Afrika Selatan seperti Pietermaritzburg, Pretoria, Durban dan Johanesburg masuk dalam 10 besar kota-kota yang memiliki angka kriminalitas tinggi.

Menurut Numbeo, survei yang mereka kumpulkan mendapat pelaporan dari 77.151 orang yang tinggal di 5423 kota di seluruh dunia.

Laporan yang muncul dalam survei itu adalah perkiraan umum mengenai tingkat krimimalitas di satu kota, dan suvei tersebut diperbaiki secara teratur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini