Selain Kerinci, 4 Gunung Ini Juga Meletus Sepanjang 2019

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Tahun 2019, sepertinya jadi tahun meletusnya gunung-gunung berapi aktif di Indonesia. Seperti Gunung Kerinci di Jambi yang mengalami erupsi hari ini, Rabu 31 Juli 2019, sekitar pukul 12.48 WIB.

Tinggi kolom abu erupsi Gunung Kerinci mencapai 800 meter di atas puncak. Saat ini status Kerinci berada pada Level II atau Waspada, dengan radius 3 kilometer tak boleh didekati siapapun.

Tapi, bukan hanya Kerinci saja yang meletus di tahun 2019. Tercatat, ada 4 letusan gunung yang menghebohkan tahun ini, berikut daftarnya.

1. Gunung Anak Krakatau

erupsi anak krakatau

Anak Krakatau sempat meletus hebat pada akhir Desember 2018 lalu. Akibat letusan Anak Krakatau, tsunami hebat terjadi di kawasan Selat Sunda yang meliputi Banten sampai Lampung, dan mengakibatkan ratusan orang tewas. Namun, Anak Krakatau terus meletus sampai Januari 2019 lalu, tapi tak sebesar letusan di akhir 2018.

2. Gunung Sinabung

erupsi gunung sinabung

Gunung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara ini meletus besar pada Minggu 9 Juni 2019 lalu. Kolom abu letusan ini membumbung tinggi sampai 7.000 meter di atas puncak gunung. Akibat letusan Gunung Sinabung, tiga kecamatan di Tanah Karo tertutup abu vulkanik.

3. Gunung Bromo

erupsi gunung bromo

Bromo meletus secara tiba-tiba pada 19 Juli 2019. Saat letusan yang berlangsung dengan durasi lebih 7 menit tersebut, banyak warga dan wisatawan masih berada di sekitaran gunung. Video letusan bromo viral di media sosial karena banyaknya wisatawan yang berada di sekitar gunung saat erupsi terjadi.

4. Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu meletus

Pekan lalu, tepatnya Jumat 26 Juli 2019, Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat meletus mendadak. Erupsi itu melontarkan abu setinggi 200 meter di atas puncak atau setinggi 2.284 meter di atas permukaan laut. Hingga kini, kawasan Gunung Tangkuban Parahu belum dibuka kembali. Rencananya, kawasan gunung baru dibuka 1 Agustus 2019.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini