Selain Indonesia, Ini Deretan Tradisi Unik di Berbagai Negara Rayakan Idul Adha

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ternyata, Idul Adha bukan hanya hari untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail serta mengingatkan umat muslim untuk saling berbagi, melainkan juga momen untuk berkumpul dan bersuka cita.

Biasanya di Indonesia, perayaan itu dimulai dengan shalat Id dan diikuti dengan pemotongan hewan kurban.  Nah, di beberapa negara ada tradisi unik merayakan hari raya kurban ini, seperti apa?

  1. Pakistan, libur 4 hari

Pemerintah negara ini memberikan jatah libur 4 hari kepada seluruh masyarakatnya. Selain untuk mempersiapkan hari raya kurban, libur yang diberikan tersebut dimanfaatkan oleh warga Pakistan agar bisa lebih khusyuk menunaikan ibadah puasa Arafah.

  1. India, mudik

Seperti orang-orang muslim di Indonesia saat Lebaran, masyarakat India juga memiliki tradisi mudik alias pulang kampung. Uniknya, mereka justru melakukan ini menjelang perayaan Idul Adha.

Stasiun kereta api akan dipenuhi oleh lautan manusia yang hendak mudik. Bahkan mereka rela berdesakan untuk bisa merayakan Idul Adha bersama sanak saudara di kampung masing-masing.

  1. Arab Saudi, kurban unta

Jika hewan kurban lumrahnya kambing, sapi, atau domba, masyarakat Arab Saudi lebih memilih unta untuk dikurbankan. Sesuai tradisi, nantinya daging kurban dari Pemerintah Kerajaan negara tersebut nantinya akan dibagikan kepada negara-negara lain seperti di kawasan Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan.

  1. Mesir, pesta daging

Menurut situs pariwisata Mesir, Ask Aladdin, masyarakat Mesir merayakan Idul Adha dengan menyantap makanan serba daging. Daging tersebut sengaja dipotong kotak-kotak dan dimakan dengan fatta, yakni nasi bersaus tomat. Santapan penutupnya pun berbahan dasar daging, namanya ro’a. Ro’a’ merupakan makanan yang mirip dengan pai daging.

  1. Turki, hewan kurban dihias

Perayaan Idul Adha ala Turki, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, yaitu dimulai dengan salat Id yang kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Namun yang lucu, hewan kurban berupa kambing, domba, atau sapi tersebut dihias terlebih dulu menggunakan hena dan pita.

  1. Uni Emirat Arab, ‘serba baru’

Momen Idul Adha merupakan waktu bagi warga Uni Emirat Arab untuk memakai pakaian baru. Para wanita akan mengecat rambut mereka dan menggunakan parfum. Selain itu, tangan anak-anak dan para wanita akan dihias dengan menggunakan henna.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini