Selain Bumi, Ternyata Ada Planet Baru yang Bisa Dihuni Manusia, Seperti Apa?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bumi dipercaya menjadi satu-satunya planet yang bisa ditinggali oleh manusia. Namun, ternyata di luar angkasa ada planet mirip bumi yang bisa dihuni. Planet baru itu ditemukan oleh ahli astrofisika asal Spanyol Rafael Luque dan timnya.

Institut Astrofisika Spanyol ini mengatakan ada tiga buah planet yang ditemukan mengorbit GJ-357, sebuah bintang Red Dwarf, matahari kecil dan dalam tahap pendinginan sejauh 31 tahun cahaya, jarak yang relatif cukup dekat dalam konteks ruang angkasa.

Penemuan tersebut juga dilaporkan NASA dari hasil pemantauan satelit pemburu planet TESS.

Salah satu planet yang bernama GJ 257d terletak paling jauh dari matahari. Oleh sebab itu, ia diperkirakan bisa dihuni manusia, sementara dua planet lainnya dinilai terlalu panas.

Syarat suatu planet dianggap memungkinkan untuk dihuni manusia ialah memiliki ukuran yang mirip dengan bumi dan jarak planet dengan matahari terletak dalam zona “Goldilocks”.

Artinya, tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat sehingga memungkinkan adanya suhu udara yang tepat sehingga tercipta air yang sangat penting bagi kehidupan.

Kepada AFP, Luque mengatakan, planet baru ini memiliki jarak dengan matahari yang sama seperti jarak dari planet Mars ke Matahari, sehingga planet baru ini diperkirakan memiliki temperatur -53 derajat celcius atau -63.4 Fahrenheit.

Para peneliti juga memperkirakan GJ 257d berukuran kurang lebih sama dengan bumi atau bisa mencapai dua kalinya.

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini