Sektor Ekonomi Masih Prioritas Utama Hubungan Bilateral Indonesia – Jerman

Baca Juga

MATA INDONESIA, INDONESIA – Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Jerman secara resmi terjalin tahun 1952. Sejak saat itu hubungan kedua negara terus mengalami peningkatan, khususnya sektor ekonomi yang kini menjelma menjadi prioritas utama hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman.

Hal ini dikarenakan dimensi dan cakupan kerja sama kedua negara yang bersifat multi-dimensi, sehingga tidak hanya terbatas pada perdagangan dan investasi. Di sektor perdagangan, Jerman merupakan salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia.

Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri mengungkapkan bahwa tahun 2021, merupakan momentum terpenting hubungan kedua negara. Di mana Indonesia akan menjadi partner country Hannover Messe 2021.

Ketua Delegasi Jerman, Petra Sigmund mengatakan bahwa kerja sama ekonomi akan tetap menjadi prioritas kedua negara. Jerman sendiri merupakan salah satu mitra ekonomi terpenting Indonesia di Eropa.

“Jerman menyambut positif reformasi pemerintah Indonesia, khususnya dengan diterbitkannya UU Nomor 11/20020 mengenai Cipta Kerja. Kedua negara juga sepakat mendorong ditingkatkannya perdagangan bilateral menjadi dua kali lipat,” kata Petra Sigmund.

Berbagai produk ekspor unggulan Indonesia ke Jerman, antara lain, minyak kelapa sawit, alas kaki, peralatan elektronik, pakaian dan aksesoris, karet, mesin mekanik, kopi-teh rempah-rempah, alat fotografi, kayu, dan mebel.

Saat ini, terdapat sekitar 250 perusahaan multinasional Jerman yang melakukan bisnis di Indonesia. proyek investasi Jerman di Tanah Air masih didominasi sektor metal dan machinery industry, industri kimia dan farmasi, transpormasi, storage, dan industri komunikasi.

Beberapa perusahaan Jerman yang berinvestasi di Indonesia di antara lain, Deutsche Post, Robert Bosch, Bayer, VW, Mercedes-Benz, Adidas, Allianz, BASF, dan BMW.

Pemerintah mencatat nilai perdagangan Indonesia dan Jerman pada Januari – Agustus 2020 mencapai angka 3,6 miliar USD, jumlah ini menurun -8,3%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau sebelum pandemi.

Indonesia dan Jerman adalah dua negara yang memiliki nilai strategis di kawasan masing-masing. Jerman memiliki stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berada di lokasi yang strategis dengan 9 negara tetangga.

Pun dengan Indonesia yang merupakan negara dengan pendudukan terbesar di Asia Tenggara juga memiliki stabilitas politik dan ekonomi yang sangat baik, dengan lokasi yang strategis di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini