Ilustrasi vaksin Covid-19 (minews.id)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengumumkan akan menggratiskan semua vaksin Covid-19.  Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. ”Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi juga meminta agar Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain agar vaksin tersedia dan gratis, agar tidak ada alasan bagi masyarakat belum mendapatkan vaksin.

Sejumlah perusahaan farmasi dunia, seperti Pfizer, Biotech, AstraZeneca, dan Moderna telah mengembangkan vaksin dan menunjukkan hasil yang menjanjikan, sehingga beberapa negara mulai memvaksinasi warganya dengan mendahulukan kelompok yang rentan tertular.

Berikut negara yang juga telah lebih duku mengumumkan pemberian vaksin Covid-19 kepada warganya.

Inggris

Inggris merupakan negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan untuk penggunaan darurat vaksin buatan Pfizer-BioNtech. Beberapa pekan lalu, tepatnya 8 Desember 2020, warga Ingris, Margaret Keenan (90) menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Pemerintah negara itu menetapkan vaksin akan didahulukan bagi kelompok masyarakat yang paling rentan, mencakup sekitar seperempat penduduk Inggris. Menurut data dari Dinas Kesehatan setempat, kelompok rentan ini mewakili 90-99 persen orang yang paling berisiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Malaysia

Menurut Tan Sri Muhyiddin Yassin, vaksin Covid-19 akan diberikan gratis kepada warga Malaysia, tapi orang asing yang menetap di sana harus membayar biaya yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia.

Ia juga menyampaikan Pemerintah Malaysia tidak berencana mewajibkan vaksinasi dan hanya akan diberikan kepada mereka yang setuju divaksin secara sukarela, terutama orang-orang yang berisiko dan rentan terhadap Covid-19.

Singapura

Pemerintah Singapura telah memutuskan untuk menggratiskan vaksinasi Covid-19 untuk semua warganya dan penduduk asing yang tinggal lama di Singapura. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Senin 14 Desember 2020.

Sebuah komite dokter yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan telah mengusulkan agar seluruh populasi orang dewasa divaksinasi, tapi bersifat sukarela. Prioritas pertama untuk vaksinasi akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang berisiko termasuk petugas kesehatan, petugas di garis depan, serta lansia dan rentan.

Rencananya, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap untuk seluruh penduduk sampai akhir tahun depan.

Australia

Meski vaksinasi belum dilakukan dan masih belum ada tanggal pasti kapan akan dilakukan, Pemerintah Australia mengumumkan akan memprioritaskan vaksin kepada mereka yang rentan tertular, kelompok usia lanjut dan tenaga kesehatan. Australia memiliki empat perjanjian pengadaan dengan pabrikan vaksin Covid-19, yakni Oxford-AstraZeneca, Novavax, Pfizer-BioNtech, dan COVAX Facility.

Pemerintah Federal akan menggratiskan seluruh vaksin ini untuk semua warga Australia. Biaya yang dikeluarkan pemerintah yaitu sebesar 3,3 miliar dolar Aus atau sekitar Rp 35 triliun dalam empat perjanjian tersebut. Selanjutnya, penduduk akan dibagi menjadi 12 kelompok usia, didahului orang-orang yang berusia 70 tahun ke atas dan terakhir kelompok remjaa di bawah 18 tahun yang kemungkinan baru disuntik vaksin pada 2022.

Jepang

Jepang akan memberikan vaksin virus Corona gratis kepada semua penduduknya berdasarkan undang-undang yang disahkan pada Rabu, 2 Desember 2020. RUU tersebut menyatakan bahwa pemerintah akan bertanggung jawab atas semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang.

Nantinya, pemerintah daerah bertanggung jawab untuk mengelola imunisasi, menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan.

Prancis

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan bahwa beberapa minggu lagi mereka menuju peluncuran vaksinasi Covid-19. Prancis memastikan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan secara gratis dalam skema sistem jaminan sosial. Castex juga mengatakan bahwa vaksinasi akan dilakukan dalam tiga tahap.

Amerika Serikat

Presiden Terpilih AS Joe Biden sebelumnya telah berjanji vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua orang Amerika jika terpilih sebagai presiden. Pemerintah AS mengaku siap mendistribusikan tiga juta dosis vaksin virus Corona Pfizer-BioNtech ke semua negara bagian.

Gustave Perna, penanggung jawab program vaksinasi Operation Warp Speed, memastikan bahwa vaksin akan didistribusikan dengan aman.

Reporter : Afif Ardiansyah

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here