Sederet WNI Ini Terkenal Karena Kejahatannya di Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Momen dimana Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil berkancah hingga ke internasional memang selalu membuat bangga penduduk bangsa dan tanah air. Prestasi-prestasi mereka selalu diagungkan karena berhasil membawa nama Indonesia ke dunia.

Tapi, apa jadinya jika nama Indonesia justru terseret ke dalam kasus kejahatan yang dilakukan WNI di negeri orang? Nyatanya, memang ada sederet WNI yang dikenal dengan kejahatannya di internasional. Siapa sajakah?

  1. Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga

Tentu masih segar diingatan nama Reynhard Sinaga yang heboh karena kasusnya memperkosa sejumlah pemuda di Manchester, Inggris. Dikutip dari The Guardian, polisi menduga Reynhard telah memperkosa sedikitnya 195 pria di Inggris selama 2,5 tahun.

Aksi bejatnya ini langsung menggemparkan Indonesia maupun dunia. Pasalnya, Reynhard kini di cap sebagai predator seksual dan tercatat sebagai kasus pemerkosaan terbanyak di Inggris.

2. Siti Aisyah

Siti Aisyah

Nama Siti Aisyah juga pernah menghebohkan Indonesia dan dunia pada tahun 2017 atas tuduhan pembunuhan kakak dari pempimpin Korea Utara, Kim Jong Un, Kim Jong-nam di Malaysia. Ia dituduh membunuh Kim Jong-nam denga menggunakan racun.

Namun, Siti Aisyah berdalih tak melakukan pembunuhan itu. Melainkan ia mengaku disuruh oleh dua pria dan iming-imingi uang sebesar RM 400 atau setara Rp.1,4 juta. Siti Aisyah pun mengaku tak tahu bahwa yang ia bawa adalah racun.

Siti Aisyah diketahui menjalani sidang pertama pada Maret 2017 lalu. Namun, ada beberapa kejanggalan yang dirasakan, salah satunya kurangnya bukti kuat yang mengatakan bahwa Siti Aisyah lah pelakunya.

3. Azura Luna Mangunhardjo

Azura Luna Mangunhardjo

WNI lainnya yang tersandung kasus kejahatan di luar negeri ialah, Azura Luna Mangunhardjo. Namanya ramai di perbincangkan setelah diberitakan South China Morning Post, atas kasus penipuan.

Muncul sosok bernama Sophie, warga negara Los Angeles yang mengaku telah ditipu oleh Azura. Sophia meng-klaim telah membayar lebih dari 86.000 dollar AS atau setara dengan Rp.1,2 miliar untuk beberapa tas tangan branded milik Azura. Namun, dua di antara tas tersebut rupanya palsu.

Setelah kejadian itu, Sophia segera melapor ke pihak berwajib dan Azura pun segera ditangkap.

4. Khassanah

Khassanah

Nama Khassanah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang terkenal denga kejahatannya diluar negeri ialaj Khassanah. Khassanah merupakan WNI yang diduga membunuh majikannua di Singapura.

Khassanah (40) ditangkap di sebuah penginapan di daerah Jambi, sepekan setelah ia menghabisi sang majikan, Chia Ngim Fong (79) dan istrinya Chin Sek Fah (78).

Kasus penbunuhan ini terungkap ketika sang anak dari pasangan tersebut menemukan orang tuanya sudah tak bernyawa. Ia kemudian melaporkan kasus ini ke kepolisian dan kasus ini ditangani oleh pihak kepolisian Indonesia.

5. Fakhri Anang

Fakhri Anang

Mirip dengan kasus Reynhard, Fakhri Anang pernah mencoreng nama Indonesia lantaran tertangkap basah hendak berbuat mesum dengan remaja di bawah umur.

Fakhri diketahui adalah mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Northumbria, Inggris.

Dilansir dari sumber, Fakhri mulanya berkenalan di sosial media dengan seseorang yang mengaku bernama Zen dan baru berusia 14 tahun. Padahal, akuj tersebut merupakan akun khusus untuk menangkap para pelaku predator pedofilia.

Meski tak menimbulkan korban seperti Raynhard, pihak hukum di Inggris mengganggap kelakukan Fakhri sudah pantas tuk dijatuhi hukuman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini