MINEWS, JAKARTA-Indonesia kaya akan makanan khasnya dari setiap daerah, bahkan hanya ada dan disajikan saat bulan Ramadan saja. Salah satunya adalah Kanji Rumbi, merupakan kuliner khas Aceh yang hanya ditemukan saat bulan Ramadhan.

Makanan yang khas dengan aroma khas rempah-rempah ini memang selalu ditunggu masyarakat Aceh untuk takjil berbuka puasa. Semua bahan dicampurkan jadi satu mulai dari beras hingga rempah-rempah terdiri dari cengkeh, kayu manis dan buah pala.

Kanji rumbi merupakan makanan khas Aceh, sejenis bubur bercita rasa unik yang dimasak dengan campuran rempah-rempah. Kegiatan masak kanji rumbi bersama pada bulan puasa di masjid itu sudah dilakukan sejak 70an. Kegiatan ini melibatkan hampir seluruh warga di situ.

Bahan-bahan untuk memasak dibeli secara patungan. Selain terdapat donatur yang menyumbang. Untuk sekali masak bisa mencapai Rp 5 juta. Dua kuali, bisa untuk 300 porsi.

Kanji rumbi dihidangkan persis seperti bubur ayam. Diberi pelengkap berupa daging ayam yang telah disuwir serta diberi kecap berbumbu khusus. Campuran rempah-rempah di dalam kanji rumbi yang menjadi pembeda antara bubur ayam dengan kanji rumbi.

“Hampir sama, cuma kalau kanji rumbi, bumbunya langsung ke bubur. Selain itu, diberi kecap dengan bumbu khusus. Kita pakai bumbu utama seperi ketumbar, merica, pala dan lainnya,” kata seorang warga Tata Irfan.

Tidak sulit menemukan kanji rumbi pada saat bulan Ramadan. Menu satu ini menjadi menu wajib yang tersedia di sejumlah menasah atau masjid provinsi berjuluk Serambi Makkah. Memasaknya pun secara gotong-royong dan hanya dilakukan kaum lelaki.