Sebagai Ketua Kesehatan ASEAN, Indonesia Harus Produksi Vaksin dan Obat-Obatan Covid-19 Sendiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagai Ketua Badan Sektor Kerja Sama Kesehatan ASEAN, Indonesia harus mampu memproduksi sendiri vaksin Covid-19, obat-obatan dan alat kesehatan lainnya.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan 2022, Kamis 6 Januari 2022.

“Kerja sama jangka panjang diperlukan termasuk untuk memperkuat infrastruktur kesehatan nasional maupun distribusi Kesehatan baik obat-obatan maupun vaksin,” ujar Retno.

Retno menegaskan tahun ini, Indonesia masih memrioritaskan diplomasi kesehatan karena pandemi Covid-19 telah mengajarkan semua pihak untuk memperbaiki ketahanan kesehatan nasional dan global, sehingga kerja sama dengan berbagai pihak diperlukan.

Dia juga mengharapkan Indonesia bisa menjadi hub atau pusat vaksin untuk Kawasan ASEAN sehingga tercipta kesetaraan vaksin Covid-19.

Sementara untuk membuat obat sendiri dan memenuhi bahan baku pengembangan riset dan jejaring manufaktur vaksin juga terus didorong termasuk melalui CEPI (Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini