MINEWS, JAKARTA – Usia benar-benar tak bisa dilawan oleh Valentino Rossi. Banyak pihak yang menyarankan ia segera pensiun dari MotoGP mengingat usianya sudah kepala empat.

Apalagi Rossi diketahui tampil buruk di paruh musim 2019 ini. Bos Yamaha Lin Jarvis rupanya tak mau ambi pusing, ia ternyata sudah menyiapkan pengganti, jika Rossi memutuskan untuk pensiun.

Jarvis menyebut The Doctor sudah tak lagi bisa bersaing dengan pembalap-pembalap muda seperti Marc Marquez dan Maverick Vinales. Selain itu, ia menegaskan bahwa Rossi tak punya masa depan bersama tim Monster Energy Yamaha.

“Kami tidak akan mempertahankan Valentino Rossi untuk selanjutnya,” kata Jarvis, seperti dikutip dari Marca, Kamis 25 Juli 2019.

Meskipun Rossi punya nama besar dan legendaris, Jarvis berkata kepopuleran MotoGP tak akan redup meski pembalap asal Italia itu memutuskan pensiun. Menurutnya, saat ini persaingan pembalap jauh lebih kompetitif.

Namun, Jarvis mengaku tak mungkin bisa melupakan kehebatan Rossi di masa jayanya yang sudah mengoleksi rekor gelar sampai saat ini, yakni tujuh kali juara dunia MotoGP, satu gelar kelas 125cc dan satu kali juara kelas 250cc.

Peran Rossi dianggap masih sangat penting di dunia MotoGP. Jika tak jadi pembalap lagi, Jarvis berencana mengajak Rossi untuk berperan sebagai duta Yamaha.

Musim ini, Rossi baru mengoleksi dua podium, berkat finis kedua di seri Argentina dan Austin. Ia berada di peringkat keenam pada klasemen pembalap MotoGP dengan koleksi 80 poin, tertinggal 105 poin dari Marc Marquez yang berada di puncak klasemen sementara.