Saudi Tegaskan Hubungannya dengan Turki Baik-baik Saja

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi menyatakan, hubungan mereka dengan Turki selama ini baik-baik saja. Bahkan, kedua negara dipastikan masih tetap bersahabat.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud berkata, tidak ada boikot negaranya atas produk-produk Turki, sebagaimana dituduhkan oleh pihak-pihak tertentu.

Sementara, Kantor Kepresidenan Turki melaporkan, bahwa pemimpin mereka Recep Tayyip Erdogan sudah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di sela-sela jelang pelaksanaan KTT G-20, beberapa hari lalu.

“Presiden Erdogan dan Raja Salman sepakat untuk menjaga saluran dialog tetap terbuka untuk meningkatkan hubungan bilateral dan mengatasi masalah,” kata pernyataan resmi Kantor Kepresidenan Turki.

Sebenarnya, hubungan antara kedua negara itu sempat memburuk, usai insiden pembunuhan misterius jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi pada 2018 lalu di Konsulat Saudi, Istanbul.

Kondisi ini menambah ketegangan atas dukungan Turki untuk Ikhwanul Muslimin, yang dipandang oleh Saudi sebagai kelompok teroris.

Selama lebih dari setahun, beberapa pedagang Arab Saudi dan Turki berspekulasi bahwa Riyadh sedang memberlakukan boikot tidak resmi atas impor dari Saudi. Kelompok bisnis terkemuka Turki mendesak Arab Saudi bulan lalu untuk meningkatkan hubungan perdagangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini