Saturnus Mendekat ke Bumi Malam Nanti, Ini 5 Fakta Menarik di Balik Fenomena Langka Itu

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Sebuah fenomena langka di tata surya bakal terjadi mulai sore ini, Rabu 10 Juli 2019. Planet Saturnus bakal mendekati Bumi dan peristiwa ini akan berlangsung hingga Kamis, 11 Juli 2019 dini hari.

Dengan demikian, Saturnus yang tampil bersama Jupiter akan bisa dilihat dengan mata telanjang dari Bumi. Dalam peristiwa ini, Saturnus akan mengalami oposisi dengan Bumi.

Dan fenomena oposisi Saturnus ini hanya akan berulang sekitar 1 tahun sekali. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta menarik di balik fenomena Saturnus mendekati Bumi.

Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa Saturnus akan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Penampakannya akan terlihat sejak Rabu sore setelah matahari terbenam di arah timur hingga Kamis, 11 Juli 2019 dini hari sebelum fajar.

Terlihat Seperti Bintang

Thomas juga mengatakan, Saturnus akan tampak seperti bintang kecil saja. Orang awam, akan cukup sulit membedakannya dengan bintang biasa. Satu-satunya perbedaan, cahaya Saturnus tampak tak berkedip.

Cincin Terlihat dengan Bantuan Teleskop

Cincin Saturnus bisa dilihat namun jika diamati menggunakan teleskop. Termasuk juga dengan beberapa bulan yang mengitarinya.

Jika ingin mengamati dengan teleskop, sebaiknya pilih tempat yang lapang atau rooftop. Pilih juga lokasi pengamatan yang cukup gelap.

Bisa Diamati Sepanjang Malam pada Juli dan Agustus

Saturnus bisa diamati sepanjang malam pada Juni hingga Agustus 2019. Namun, setelah Rabu malam ini jarak Saturnus dan Bumi akan semakin jauh sehingga Saturnus hanya bisa dilihat dengan teleskop.

Terlihat Bersama Jupiter

Rabu malam nanti, Saturnus akan terlihat bersama Jupiter. Jupiter akan berada di posisi lebih tinggi dari Saturnus. Karena ukurannya yang lebih besar, Jupiter akan kelihatan lebih terang.

Saturnus akan tampak bersama Jupiter sepanjang Juli-Agustus. Sesekali mereka juga akan tampil bersama Bulan dan Venus.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini