Satu Tahun Pandemi Covid19, Muncullah Mutasi Virusnya di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Secara kebetulan tepat pada satu tahun Pandemi Covid19 di Indonesia ditemukanlah varian SARS-Cov-2 mutasi dari Inggris (B117). Terdapat dua kasus.

“Ada berita yang saya terima dari satu tahun melakukan refleksi kalau kasus 01 dan 02, tadi malam saya mendapatkan informasi dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono pada peringatan 1 tahun Pandemi Covid19 di Indonesia, Selasa 2 Maret 2021.

Dia mengingatkan terdeteksinya dua virus yang sudah bermutasi itu tantangan penyelesaian Pandemi Covid19 semakin berat.

Dante pun menegaskan sekarang sudah saatnya Indonesia mengembangkan riset dan studi epideomiologi yang lebih tepat.

Sebelumnya, pakar bioteknologi dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia Riza Arief Putranto mengungkapkan Virus B117 lebih dahulu ditemukan dan berkembang di Filipina beberapa minggu lalu.

Virus itu diketahui dengan penularannya yang jauh lebih cepat dari virus lama yang ada di Indonesia.

Namun, Riza menyatakan Indonesia juga sudah harus mulai melakukan riset untuk memodifikasi vaksin yang sudah diterima agar efektif menekan penularan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini