Sasar 400 Orang, BIN Gelar Vaksinasi di Kulonprogo

Baca Juga

MATA INDONESIA, KULONPROGO – Badan IntelIjen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta atau Binda DIY kembali menggelar vaksinasi massal di Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo yang terletak di pinggir aliran Sungai Progo.

Vaksinasi ini dilaksanakan dengan menyasar 400 orang, baik untuk mendapatkan vaksinasi tahap pertama ataupun kedua dengan vaksin Sinovac.

Dalam kegiatan vaksinasi door to door tersebut, Binda DIY bekerjasama dengan Poltekkes Yogyakarta, Dinas Kesehatan dan Kalurahan Tuksono.

Menurut Koordinator vaksinasi door to door BIN Kulonprogo Wuri Atmaja, vaksinasi ini menyasar lansia dan warga yang mengalami keterbatasan akses menuju ke unit layanan kesehatan.

“Agar tercipta herd immunity kami lakukan vaksinasi door to door karena banyak lansia yang belum divaksin. Mereka mengalami keterbatasan akses,” katanya, Kamis 25 November 2021.

Menurutnya, BIN akan terus mengawal program pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi ini. Sesuai arahan pimpinan dan Gubernur DIY, BIN menyasar warga di pinggiran yang akses transportasinya sulit dengan melakukan vaksinasi jemput bola.

“Kami pilih di Tuksono karena medannya cukup sulit, dan di sini banyak lansia yang belum mendapatkan vaksin,” ujarnya.

Hanya saja, dalam vaksinasi ini tidak semua sasaran lolos screening. Beberapa lansia mengalami tekanan darah tinggi sehingga tidak lolos. Ke depan mereka tetap akan difasilitasi untuk mendapatkan vaksinasi.

Dalam kegiatan kali ini, Binda DIY juga membagikan sembako kepada warga yang divaksin. Mereka juga mendapatkan doorprize dari panitia. Adapun vaksinasi di Balai Kalurahan Tuksono diikuti lebih dari 206 peserta dari target 400 orang.

“Meski sudah divaksin, kami minta wraga tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Lurah Tuksono Moch Zainuri mengucapkan terima kasih atas penyelenggaran vaksinasi BIN di Tuksono. Apalagi selama ini masih banyak warga lansia yang belum tervaksin. Kondisi geografis dan keterbatasan akses menjadi halangan bagi mereka untuk datang.

“Terima kasih, dengan vaksinasi door to door ini beberapa lansia sudah mendapatkan vaksin di rumah mereka,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini