Saran Sandiaga Uno untuk UMKM Hadapi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menaruh perhatian besar pada nasib Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang terdampak Covoid-19.

Ia berbagi sejumlah tips agar UMKM dapat bertahan, meski diterpa hantaman corona yang mengakibatkan turunnya penjualan atau permintaan dari konsumen.

Menurut Sandi, UMKM sudah seharusnya melakukan pembenahan di banyak sisi, terutama wajib menghemat biaya produksi dan operasional. Ia menyebut, upaya itu wajib dilakukan karena tekanan ekonomi kemungkinan akan berlangsung satu hingga dua tahun ke depan.

Kemudian, Sandi menyarankan UMKM melakukan adaptasi dan pemetaan potensi pasar. UMKM juga harus mengamati perkembangan, dan tidak melawan arus, tapi baiknya menepi perlahan, sembari membaca peluang baru.

“Ada 61 juta UMKM di Indonesia, maksimalkan kemampuan jejaring dengan sikap positif dan optimistis,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis 2 April 2020.

“UMKM bisa saling menjembatani sesama, agar lebih bertahan, kebutuhan pokok terpenuhi dan tetap hemat serta ‘kencangkan ikat pinggang’,” ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, Sandi mengajak UMKM menjajal media penjualan kekinian berbasis online dengan melakukan banyak kolaborasi, tapi tetap menjaga jarak.

“Jalin terus komunikasi dan kerjasama, aktif dalam himpunan atau komunitas, karena dengan bersama, kita jauh lebih kuat dan bisa lebih cepat berkembang karena lebih terbantu,” kata Sandi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini