Sarabba, Minuman Masyarakat Bugis Penangkal Virus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona makin merajalela di Indonesia. Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menangkal masuknya virus tersebut, salah satunya seperti yang dilakukan oleh masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang rutin mengonsumsi minuman yang berbahan baku rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sarabba, begitu mereka bilang, minuman tradisional warisan leluhur suku Bugis Makassar, sejak dahulu diyakini sebagai obat stamina dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

“Ketika diminum tubuh menjadi hangat. Itu karena khasiat kandungan rempah-rempahnya diantaranya ada jahe, serei dan kayu manis,” uajr salah satu warga Moncongloe, Kabupaten Maros, Harlia (52).

Dirinya tak begitu resah meski dampak penyebaran virus corona telah masuk ke Indonesia. Selain mengandalkan keikhlasan berdoa, ia dan keluarganya juga meyakini khasiat rempah-rempah bahan baku pembuatan sarabba.

“Sarabba cukup mujarab mengobati flu, batuk, dan demam. Insya Allah virus corona juga kita bisa cegah dengan rajin mengonsumsi minuman berbahan baku rempah-rempah. Tapi tetap jangan putus berdoa,” katanya.

Ia mengatakan untuk membuat sarabba cukup sederhana dan tidak mahal. Tak hanya itu, seluruh bahan baku rempah yang terdiri dari jahe, serai, bubuk merica, kayu manis, gula merah dan santan dapat dibeli di pasar-pasar tradisional.

Cara membuatnya pun mudah, pertama-tama sediakan bahan rempah-rempahnya yang terdiri dari 200 gram jahe yang telah dimemarkan, 250 gram gula merah yang telah ditumbuk kasar, 1 batang serai yang telah memarkan, 1 batang kecil kayu manis, 1 sendok merica bubuk, garam, 200 ml santan segar dan 1 liter air.

Setelah seluruh bahan rempah terkumpul, langkah berikutnya memasuki proses pembuatan. Terlebih dahulu memasukkan 1 liter air ke dalam panci lalu didihkan.

Selanjutnya, setelah air tampak mendidih, silahkan masukkan bahan rempah satu persatu. Diawali memasukkan gula merah kemudian lanjut memasukkan serai, kayu manis, merica bubuk, dan garam secukupnya.

Jangan lupa mengaduk-aduk seluruh bahan rempah yang telah tercampur tadi hingga rasanya betul-betul menyatu. Setelah itu, jangan lupa memasukkan santan. Silahkan tunggu hingga 5 menit kemudian angkat panci, dan khasiat sarabba pun siap dirasakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini