Sanksi AS Terhadap Turki untuk Melemahkan Rusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mengadakan dialog dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. Keduanya membahas mengenai sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Ankara.

Sebagaimana diketahui, Turki meningkatkan sistem pertahanannya dengan membeli rudal S-400 buatan Rusia. Menlu Pompeo menjelaskan kepada Menlu Cavusoglu bahwa pembelian rudal S-400 membahayakan keamanan personel AS dan teknologi militer.

Bukan hanya itu pembelian S-400 juga memungkinkan akses Rusia ke angkatan bersenjata dan industry Turki, melansir English al Arabiya, Jumat, 18 Desember 2020.

Pompeo menegaskan bahwa tujuan dari pemberian sanksi tersebut tak lain untuk mencegah Rusia menerima pendapatan, akses, dan pengaruh yang besar. Sanksi tersebut bukan semata-mata untuk merusak kemampuan militer Turki.

Sebagai catatan, rudal S-400 yang diluncurkan dapat menjangkau jarak 400 km dan satu unit S-400 dapat menembak jatuh 80 target pada saat bersamaan.

Rusia mengklaim S-400 sanggup menyasar berbagai target di angkasa mulai dari drone, pesawat yang terbang di beragam ketinggian, hingga rudal jarak jauh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini