Sambut New Normal, Manjakan Wisatawan Labuan Bajo Bakal Miliki Toilet Bintang 4

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyelesaikan pekerjaan infrastruktur di 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas atau Bali Baru walaupun di tengah pandemi virus Corona.

Kelima kawasan pariwisata tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado-Likupang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pariwisata merupakan sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat dalam fase new normal nanti.

Berbagai standar protokol keamanan dan keselamatan terpadu dipersiapkan agar proses pengerjaan tetap aman dari penyebaran virus Corona.

Salah satunya fasilitas yang membuat nyaman para wisatawan yakni toilet. Di lokasi wisata Labuan Bajo akan disediakan toilet dengan kualitas bintang 4 dan Borobudur, serta toilet bintang 3 untuk KSPN lainnya.

Kemudian, penyediaan fasilitas cuci tangan di area-area pedestrian dan destinasi wisata seperti pasar, UMKM, area souvenir, pelayanan bagi difabel, jaringan dan alat komunikasi, serta dukungan peralatan maupun alat transportasi yang baik dan siap digunakan untuk antisipasi kondisi darurat.

Lebih lanjut, Basuki turut menekankan beberapa hal dalam mendukung produktivitas di sektor pariwisata pada tatanan new normal. Pertama, kawasan pariwisata perlu dihantarkan dengan koridor yang baik, seperti jalan, trotoar, pagar, hingga pepohonan endemik semisal trembesi di Borobudur dan Mandalika.

Kedua, fasilitas homestay dengan desain rumah adat termasuk pagar rumah di sepanjang koridor utama menuju destinasi wisata.

Ketiga, menjadikan KSPN Labuan Bajo sebagai good practice bila berhasil dalam penataan jalan dan trotoar sebagai kawasan pedestrian dengan kualitas premium, dimana seluruh kabel utilitas dimasukkan ke bawah tanah (underground utility box).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini