Sajikan Narasi Faktual, Cara Indonesia Redam Isu Papua di Dunia Internasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dinilai membawa harapan dan kemajuan bagi Papua meski ditengah masih adanya isu negatif. Padahal terdapat beberapa perubahan yang terjadi semasa pemerintahan saat ini salah satunya terlihat dari upaya pemerintah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) di Intan Jaya.

Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri RI Sade Bimantara menilai bahwa fakta seperti inilah yang bisa diangkat dan disampaikan ke dunia internasional.

“Kemajuan seperti itulah yang terus kita sampaikan ke dunia internasional. Kita menyajikan narasi yang faktual artinya yang berdasarkan fakta bukan disinformasi,” kata Sade Bimantara kepada Mata Indonesia News, Minggu 28 Februari 2021.

Pemerintah bahkan sudah meminta Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk mengawal proses investigasi lebih lanjut. Hal ini sudah ditegaskan oleh Ketua TGPF Benny Mamoto saat pihaknya berhasil meyakinkan keluarga korban untuk menandatangani berita pemeriksaan acara (BAP) dan tindakan otopsi di rumah sakit independen.

Temuan TGPF ini dinilai bisa langsung ditingkatkan ke proses penyidikan dan penyelidikan. Semua kejadian sudah dibuat laporannya sehingga proses hukum bisa berjalan.

Sementara, Sade Bimantara juga kembali menegaskan bahwa pemerintah akan terus memberikan informasi berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan terlebih adanya beberapa kemajuan di wilayah Papua.

“Kita berikan fakta apa adanya berdasarkan di lapangan terkait dengan kemajuan ekonomi, sosial budaya dan terkait statistik pembangunan dan lainnya,” kata Sade Bimantara.

Upaya terbaik selalu dilakukan oleh pemerintah, hal ini tidak lepas dari perhatian penuh dari Presiden Joko Widodo terhadap Papua. Berbagai infrastruktur dihadirkan sebagai langkah nyata untuk memperkuat perekonomian masyarakat Papua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini