Sah! Idul Adha Jatuh pada 11 Agustus 2019

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pemerintah, berdasarkan hasil Sidang Isbat yang dilaksanakan di kantor Kementerian Agama hari ini, Kamis 1 Agustus 2019 menetapkan bahwa 1 Dzulhijah 1440H bertepatan dengan Jumat 2 Agustus 2019. Artinya, Idul Adha yang dirayakan 10 Dzulhijah akan jatuh pada 11 Agustus mendatang.

“Posisi hilal ditetapkan berdasarkan hisab dua derajat empat menit sampai dengan tiga derajat 57 menit,” ujar Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin selaku pimpinan Sidang Isbat.

Untuk lebih meyakinkan, dilakukan rukyat atau pengamatan hilal ketiga di 92 titik. Dari pengamatan tersebut, ada 10 titik yang hilal terlihat secara langsung.

“Itulah hasil Sidang Isbat malam ini untuk penetapan satu Zulhijah,” kata Amin.

Turut hadir dalam sidang isbat, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia, duta besar dari negara sahabat, anggota Komisi VIII DPR, serta pejabat dari Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Perwakilan dari Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga akan menghadiri sidang isbat awal Zulhijah 1440 Hijriah.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini