Sah! Ibu Kota Baru RI di Kaltim, Ini yang Dibangun Pertama Kali

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA– Pemerintah akhirnya memutuskan bahwa lokasi ibu kota baru Republik Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR Sofyan Djalil, Kamis 22 Agustus 2019 di Jakarta.

Untuk lokasi pastinya, kata dia, belum tahu di mana. Sofyan hanya bilang lahan seluas 3 ribu hektar telah disiapkan untuk pembangunan tahap pertama dengan luas keseluruhan 200-300 ribu hektare.

“Sehingga bisa bikin kota taman kota indah, banyak tamannya orang bisa hidup sehat udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi,” katanya.

Ia mengatakan, setelah wilayah tanah dikunci alias fix, maka pemerintah akan langsung membangun kantor presiden Kantor Presiden, Kantor Menteri dan DPR.

Sebelumnya diketahui ada dua calon terakhir lokasi ibu kota, yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Nama Kaltim sendiri santer disebutkan dalam beberapa waktu terakhir menyisihkan Kalimantan Tengah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan calon ibu kota negara harus berada di tengah-tengah. Lokasinya di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

“Kita cari lokasi di tengah, memang di air, di Selat Makassar. Antara Kalimantan dan Sulawesi nah kita harus mikir Kalimantan Timur atau Sulawesi Barat,” kata Bambang di kantor Bappenas.

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini