Lewis Hamilton sabet juara dunia formula satu 2019

MINEWS, JAKARTA-Pebalap mercedes, Lewis Hamilton kembali meyabet juara dunia Formula 1 (F1) 2019 setelah meraih podium kedua di GP Amerika Serikat, di Sirkuit The Americas, Austin, Minggu 3 November 2019 waktu setempat.

Dengan kemenangan ini, dirinya tinggal satu gelar juara lagi menyamai rekor mantan pebalap dunia, Michael Schumacher.

Pebalap asal Inggris tersebut sudah mengoleksi enam gelar juara dunia. Sementara itu, Schumacher meraih total tujuh kali gelar juara dunia di ajang F1.

Schumacher meraih tujuh gelar juara di empat tim berbeda yakni Jordan, Benetton, Ferrari, dan Mercedes. Berbeda dengan Hamilton, dia meraih enam gelar juara di tim pabrikan Mercedes.

Dengan demikian, Hamilton memecahkan rekor tersendiri meraih enam gelar juara di tim pabrikan yang sama. Hamilton sendiri menjadi pebalap yang meraih juara terbanyak kedua setelah Schumacher.

Dia melewati rekor mendiang Juan Manuel Fangio dari Argentina yang membukukan lima kali juara dunia F1.

Hamilton saat ini sudah membukukan 87 kali pole position dan 83 kali kemenangan di ajang balapan jet darat tersebut. Dengan demikian, dia hanya butuh delapan kali lagi pole position dan kemenangan untuk melewati rekor Schumacher.

Hamilton menyodok finis di posisi kedua pada balapan F1 Amerika Serikat setelah hanya mampu mengunci start di posisi kelima. Sementara podium pertama diraih Valtteri Bottas yang meraih start pertama.

Meski menang di F1 Amerika Serikat, Bottas tak mampu lagi mengejar raihan poin Hamilton yang meraih 381 poin. Bottas berada di posisi kedua dengan jarak 67 poin.