Sabar Ya, Pemekaran Papua Selatan akan Dilakukan Bertahap

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berkata ada dua usulan yang telah dikantonginya terkait pemekaran Papua, yakni Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Hingga kini, menurut Tito, yang telah benar-benar siap adalah Papua Selatan. Namun, untuk pemekarannya akan dilakukan bertahap.

Hal pertama yang harus disiapkan Papua Selatan adalah memiliki 5 kabupaten. Namun, saat ini baru empat saja yang terbentuk, yakni Merauke, Asmat, Mappi, dan Boven Digul.

“Idealnya 5, tapi anggarannya tidak cukup. Jadi kita lakukan bertahap,” kata Mendagri Tito di Jakarta, Rabu 30 Oktober 2019.

Namun, ia memastikan rencana pemekaran Papua telah melalui analisis yang matang, terutama data-data penting dari intelijen.

Mantan Kapolri ini mengklaim, pemekaran Papua untuk mempercepat pembangunan di kawasan tersebut. Dia juga beralasan ada kepentingan keamanan dan persatuan bangsa di balik rencana pemekaran Papua.

“Kita bicara masalah kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Tito.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini