Rupiahmu Rusak Kena Banjir? Silahkan Tukarkan ke Bank Indonesia, Tapi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi seluruh warga Jabodetabek yang duitnya lecek ataupun rusak saat banjir kemaren, gak usah sedih ya. Soalnya Bank Indonesia (BI) sudah memberi jaminan untuk ditukar dengan yang baru lho. Nah, penukarannya bisa dilakukan di Bank Pemerintah atau Bank Sentral ya.

“Kalau penukaran rupiah bisa melalui bank terdekat atau ke BI,” ujar Oni Widajanarko, Direktur Eksekutif Kepala Deprtemen Komunitas BI, Kamis 2 Januari 2020.

Tapi, ada beberapa kriteria yang perlu diamati ya sebelum ditukar ke BI ya.

Pertama, keaslian pada rupiah harus bisa dikenali. Kedua, rusak dan terbelah menjadi dua bagian. Ketiga, keterangan nomor seri pada rupiah tersebut masih lengkap.

Tapi sayangnya untukmata uang asing (valuta asing/valas), kata Onny, tidak bisa ditukarkan meski rusak terkena banjir. Valas yang rusak akibat banjir juga tidak dapat ditukarkan pada penukaran mata uang asing (money changer).

“Penukaran uang hanya untuk rupiah saja, bukan untuk valuta asing. Tidak ada aturannya untuk menukar valas yang rusak, karena bukan diterbitkan dari BI,” katanya.

Onny juga mengatakan bahwa meski dilanda banjir, BI tetap memastikan bahwa sistem pembayaran dan operasi moneter akan berjalan dengan normal.

“BI akan berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga/otoritas yang terkait, demi menjamin berjalannya layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai secara aman dan lancar bagi masyarakat,” ujarnya.

Awal mula banjir di Jabodetabek terjadi dikarenakan intensitas hujan tinggi dan kiriman dari Bendungan Katulampa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 1 Januari 2020.

Catatan di Badan Nasional Penanggulagan Bencana (BNPB) ada 169 titik banjir di wilayah Jabodetabek dan Banten. Sejauh ini, Jawa Barat memiliki titik banjir terbanyak, yaitu 97 titik, DKI Jakarta sebanyak 63 titik dan Banten sebanyak 9 titik.

Di Jawa Barat banjir terjadi di beberapa wilayah. Di Kabupaten Bekasi ada 32 titik, Kotabekasi 53 titik, dan Kabupaten Bogor ada 12 titik, sedangkan banjir di Provinsi Banten terjadi di Kota Tangerang sebanyak 3 titik dan Tangerang Selatan 6 titik.

Selain itu, banjir di DKI Jakarta jugaterbagi menjadi beberpa wilayah. Di wilayah Jakarta Barat terdapat 7 titik, Jakarta Pusat 2 titik, Jakarta selatan 39 titik, Jakarta Timur 13 titik, dan Jakarta Utara 2 titik. (Fitria)

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini