Rupiah Melemah Tipis Imbas Rencana Perpanjangan PPKM Darurat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS kembali melemah di akhir perdagangan Kamis, 15 Juli 2021. Mengutip data Bloomberg, rupiah terkoreksi di level Rp 14.482 per dolar AS atau melemah tipis 0,02 persen.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan mata uang garuda dibayangi oleh rencana perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Pemerintah dikabarkan bakal memperpanjang PPKM hingga 6 minggu untuk menekan penyebaran covid-19.

“Peluang PPKM Darurat yang diperpanjang menjadi penekan Rupiah,” katanya, Kamis.

Sementara dari luar negeri, laju rupiah dibayangi oleh sikap pelaku pasar yang terus mencermati sikap bank sentral AS (The Fed). Mereka berharap kebijakan moneter longgar The Fed tetap dipertahankan hingga membaiknya data tenaga kerja dan target inflasi AS.

“Dari luar sebenarnya terjadi sentimen pelemahan dolar AS karena Gubernur Jerome Powell menegaskan kebijakan pelonggaran moneter belum akan berubah,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini