Rupiah Melemah Terbatas Imbas Wabah Corona Global

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS kembali melemah di akhir perdagangan Rabu, 21 Juli 2021. Mengutip data Bloomberg, rupiah terkoreksi tipis di level Rp 14.542 per dolar AS atau melemah 0,17 persen.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan mata uang garuda dibayangi oleh perkembangan kasus Covid-19 di dunia dan tanah air.

“Ini menopang kenaikan yang dibangun (pasar) atas ekspektasi suku bunga (bank sentral AS) yang lebih tinggi,” ujarnya, Rabu sore.

Sementara di dalam negeri, pergerakan rupiah dibayangi oleh kebijakan PPKM Darurat yang diperpanjang dari 3-20 Juli menjadi sampai 25 Juli 2021. Kendati begitu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengubah nama PPKM Darurat menjadi PPKM Level 4.

Apabila jumlah kasus covid-19 di Indonesia bisa turun, barulah pemerintah menurunkan level PPKM. Bersamaan dengan itu, pemerintah akan merelaksasi aturan PPKM mulai 26 Juli mendatang.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, tambahan kasus Covid-19 mencapai 38.325 kasus. Sehingga secara total, ada 2,95 juta kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Berdasarkan tambahan tersebut pula, kasus aktif di Indonesia saat ini bertambah 7.254 atau secara total kasus aktif di Indonesia mencapai 550.192 orang.

Selanjutnya, kasus sembuh juga terpantau terus bertambah, yakni dalam sehari ada 29.791 orang yang sembuh dari Covid-19. Secara total, kesembuhan di Indonesia mencapai 2,323 juta orang.

“Tambahan kasus sembuh memang menjadi kabar,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini