Senin, Oktober 25, 2021

Rupiah Melemah Akibat The Fed Mengurangi Pembelian Asetnya di Pasar Keuangan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS kembali melemah di akhir perdagangan Kamis, 8 Juli 2021. Mengutip data Bloomberg, rupiah terkoreksi di level Rp14.525 per dolar AS atau melemah 0,29 persen.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan mata uang garuda dibayangi oleh penguatan mata uang dollar AS yang diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam tiga bulan terakhir terhadap mata uang utama pada hari ini.

“Penyebabnya karena setelah risalah pertemuan kebijakan The Federal Reserve mengkonfirmasi bahwa bank sentral AS itu bergerak menuju pengurangan pembelian asetnya,” ujar Ibrahim dalam rilisnya, Kamis sore.

Sementara dari internal, sentimen negatif yang menekan rupiah adalah penetapan status RI yang turun menjadi negara berpendapatan menengah bawah (lower middle income) oleh Bank Dunia.

“Artinya Indonesia turun satu kasta setelah 2019 lalu Indonesia berperingkat sebagai negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income),” katanya.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

MU Dibantai Liverpool 0-5, #OleOut Trending Topic

MATA INDONESIA, MANCHESTER - Manchester United (MU) dibantai seteru abadinya, Liverpool, dengan skor telak 0-5. Seruan #OleOut makin menggema...
- Advertisement -

Baca berita yang ini