Rupiah Ditutup Menguat Terbatas di Tengah Merebaknya Corona, Apa Sebabnya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS ditutup menguat terbatas di akhir perdagangan Selasa, 24 Maret 2020.

Mengutip data RTI Bussines, rupiah ditutup pada posisi Rp 16.500 per dolar AS atau menguat 0,45 persen.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan mata uang garuda dibayangi oleh respon positif para pelaku pasar atas kebijakan Perdana Menteri Inggris Boris Johson yang memberlakukan lockdown di Inggris, setelah infeksi coronavirus melonjak 967 menjadi 6.650 orang.

Johson mengakui bahwa tindakan itu akan mengganggu sektor bisnis dan aktivitas masyarakat sehari-hari. Namun kebijakan ini harus tetap dilakukan. “Langkah-langkah yang lebih ketat harus dilakukan, termasuk membatasi pertemuan lebih dari dua orang di depan umum, dan akan berlaku dalam tiga minggu ke depan,” kata Ibrahim menirukan pernyataan Johnson, Selasa sore.

Selain itu, kebijakan The Fed yang melakukan pelonggaran kuantitatif tak terbatas untuk mendukung pasar kredit. Kebijakan yang dikeluarkan pada hari Senin ini bertujuan untuk mengantisipasi perlambatan ekonomi akibat wabah corona.

“Namun pasar sekarang menunggu keputusan anggota parlemen AS untuk memberikan paket stimulus fiskal, yang sejauh ini belum disetujui oleh anggota parlemen,” ujar Ibrahim.

Sementara dari dalam negeri,kebijakan pemerintah yang lebih memilih Physical Distancing ketimbang lockdown dinilai belum terlihat efektivitasnya karena ulah masyarakat sendiri.

“Karena masyarakat yang sudah di isolasi masih terus berkeliaran misalnya datang ke hajatan tetangga, belanja ke pasar dan lain-lain sehingga apa yang di inginkan pemerintah tidak serta merta di ikuti oleh masyarakat bawah. Intinya kedisiplinan masyarakat yang sampai saat ini belum terlihat,” kata Ibrahim.

Di sisi lain, pelaku pasar terus memantau strategi yang dilakukan oleh pemerintah. Sampai saat ini ada perkembangan yang positif di mana pemerintah dan masyarakat terus bergotong royong, guyub rukun bersama-sama mensosialisasikan covid-19.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini