Rupiah Diramalkan Melemah Rabu Ini di Tengah Ketidakpastian Perang Dagang

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pelemahan mata uang rupiah atas dolar Amerika Serikat (AS) diramalkan masih akan kembali berlanjut pada perdagangan hari ketiga pekan ini, Rabu 14 Agustus 2019.

Adapun pada penutupan Selasa, posisi rupiah berada di level Rp 14.318 per dolar AS atau melemah 0,49 persen dari penutupan hari sebelumnya.

Direktur Utama Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan bahwa pelemahan rupiah sepanjang hari kemarin masih akan berlanjut di hari Rabu ini. Pelemahan itu disebabkan oleh ketidakpastian hubungan dagang antara AS dan China yang mendorong minat investor untuk mengoleksi emas.

“Pasalnya, pada akhir pekan lalu Presiden AS, Donald Trump, mengatakan dirinya masih belum siap untuk membuat kesepakatan dengan China. Sebelumnya dirinya juga sudah mengancam akan mengenakan tarif 10 persen pada produk impor asal China senilai 300 miliar dolar AS,” kata dia pada Selasa sore kemarin.

Selain itu, kata Ibrahim, pada hari ini People’s Bank of China juga menurunkan titik tengah resmi yuan untuk hari kesembilan berturut-turut menjadi 7,0326 per dolar AS. Yuan telah menjadi titik fokus sejak pekan lalu ketika Beijing membiarkan mata uang jatuh di bawah 7 per dolar, mendorong Washington untuk secara resmi menyebut Beijing sebagai manipulator mata uang, dan semakin meningkatkan perang perdagangan yang sedang berlangsung antara kedua belah pihak.

Yuan China saat ini berada pada tingkat yang sesuai dan fluktuasi tidak serta merta akan menyebabkan aliran modal yang tidak teratur, kata seorang pejabat senior di People’s Bank of China kepada Reuters, Selasa.

Di sisi lain keresahan politik di Hong Kong yang menyebabkan bandara kota menghentikan operasi dan kekhawatiran perdagangan Tiongkok-AS membuat  indek dollar diuntungkan.

“Sehingga dikhawatirkan banyak dana asing yang keluar dari Tiongkok sehingga akan berpengaruh terhadap perekonomian tiongkok,” ujar Ibrahim.

Sementara dari dalam negeri, guna mempertahankan stabilitas nilai mata uang rupiah, BI kembali memantau keadaan pasar dengan cara melakukan intervensi dalam pasar obligasi dan valas melalui transaksi DNDF.

Hal ini bertujuan demi membendung penghindaran risiko yang dipicu kekhawatiran akan krisis keuangan di Argentina dan risiko politik di Hong Kong serta perang dagang.

Walaupun begitu, intervensi ini hanya menahan pelemahan sesaat karena banyak sentimen negatif dari luar. Tetapi BI benar-benar ikut berjibaku dalam menstabilkan mata uangnya,” kata Ibrahim.

Maka ia memprediksi pergerakan rupiah sepanjang hari Rabu masih akan diwarnai pelemahan. di level Rp 14.260 hingga Rp 14.340 per dolar AS.

 

 

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini