Rupiah Diprediksi Lanjut Menguat Terdorong Sentimen Global

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS diramalkan akan melanjutkan penguatan pada Selasa, 28 April 2020. Kemarin, rupiah ditutup pada posisi Rp 15.385 per dolar AS atau menguat 0,10 persen.

Direktur TRFX Garuda Berjangka meramalkan laju rupiah akan berkisar dari Rp 15.300 hingga Rp 15.480 per dolar AS.

Ia mengatakan, penguatan mata uang garuda masih akan dibayangi oleh sikap pelaku pasar yang menyambut gembira kabar dari AS dan sejumlah negara Eropa yang bersiap untuk mengendurkan pembatasan sosial (social distancing) dan karantina wilayah (lockdown).

Mulai pekan ini sejumlah negara Bagian AS seperti Colorado, Mississippi, Minnesota, Montana, dan Tennessee bersiap mengikuti Gerogia, Oklahoma, Alaska, dan South Carolina yang sudah membuka kembali keran aktivitas publik.

“Meski masih bertambah, tetapi secara persentase pertumbuhannya relatif kecil yaitu 3,49%. Sejak 8 April, persentase pertumbuhan harian kasus baru di AS sudah stabil di kisaran satu digit. Kurvanya semakin mendatar,” ujar Ibrahim sore ini.

Sementara dari dalam negeri, laju rupiah dibayangi oleh pernyataan Menkeu Sri Mulyani yang mengungkapkan Bank Pembangunan Islam (IsDB) siap memberikan dana darurat untuk mengatasi dampak wabah virus corona berkisar 200 hingga 250 juta dollar AS.

“Ini menandakan banyak lembaga perbankan dunia percaya terhadap pemerintah dibawah kepemimpinan Joko Widodo sehingga pasar kembali optimis bahwa pergolakan ekonomi akibat pandemi virus corona akan kembali stabil karena fundamental ekonomi yang cukup stabil,” kata Ibrahim.

Di samping itu Bank Indonesia (BI) di akhir pekan ini sedikit lega karena penguatan mata uang rupiah ditopang penuh oleh data eksternal yang cukup bagus sehingga tidak terlalu besar melakukan intervensi di pasar valas, obligasi maupun SUN di perdagangan DNDF.

“Ini menjadi berkah tersendiri bagi mata uang garuda yang kembali perkasa di akhir –akhir perdagangan awal pekan dan ini membuktikan bahwa fundamental ekonomi dalam negeri cukup bagus,” ujar Ibrahim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini