Rupiah Diprediksi Buka Awal Pekan dengan Penguatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS diramalkan akan membuka akhir pekan, 27 April 2020 dengan penguatan. Jumat lalu, rupiah ditutup pada posisi Rp 15.400 per dolar AS atau menguat 0,10 persen.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim pun memprediksi laju rupiah akan bergerak di kisaran Rp 15.360 hingga Rp 15.510 per dolar AS.

Ia mengatakan, penguatan mata uang garuda masih akan dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang melarang semua warga negara Indonesia untuk mudik. Apabila melanggar akan mendapatkan denda yang begitu besar dan Pidana 1 tahun.

“Ini membawa angin segar tersendiri bagi mata uang garuda karena masyarakat mengikuti kebijakan pemerintah sehingga pasar kembali bergairah. Alhasil arus modal asing kembali masuk pasar valas dan obligasi,” ujarnya Jumat sore.

Selain itu, laju rupiah juga dipengaruhi oleh kebijakan dari Bank Indonesia (BI). Kebijakan bauran yang diterapkan bersama-sama dengan pemerintah membawa perubahan yang drastis terhadap kepercayaan pasar. “Apalagi saat ini masih berlangsung penjualan SUN di pasar Internasional yaitu bursa Singapura dan Bursa Frankfrut,” kata Ibrahim.

Sementara dari luar negeri, laju rupiah akan dipengaruhi oleh angka pengangguran AS yang terus meningkat.
Hingga Jumat lalu, sesuai data dari Departemen Tenaga Kerja AS, angka pengangguran AS sudah bertambah menjadi 4,427 juta orang. Bahkan total angka pengangguran selama lima minggu terakhir mencapai 26,5 juta pengangguran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini