MINEWS, JAKARTA-Ribuan fans fanatik dari Korea Selatan (Korsel) merasa ditipu oleh manajemen Juventus dan pemain bintangnya Cristiano Ronaldo. Penipuan itu karena striker dari si Nyonya Tua ini tidak bermain saat laga persahabatan antara Juventus melawan tim K-League All Stars di Stadion Piala Dunia Seoul, Jumat 26 Juli 2019 waktu setempat.

Pada pertandingan tersebut, Ronaldo hanya mengamati permainan dari bangku cadangan dan sama sekali tidak bermain. Laga tersebut berakhir dengan hasil imbang 3-3 tanpa sang bintang asal Portugal tersebut.

Padahal seperti dilansir Donga, mayoritas fan sengaja datang ke stadion hanya untuk menyaksikan Ronaldo bermain. Total sekitar 63 ribu penonton yang hadir pada laga tersebut dengan harga tiket yang sangat mahal dari harga tiket laga kompetisi kasta tertinggi Korsel.

Tiket termahal yang dijual pada laga tersebut sebesar 600 ribu won atau setara dengan Rp 4,7 juta. Meski demikian, semua laku terjual. Beberapa dari mereka bahkan rela kehujanan dan berdesak-desakan untuk masuk ke dalam stadion pada laga tersebut.

Ronaldo yang memilih tidak tampil pada laga itu pun membuat para penggemarnya patah hati dan merasa dipermainkan oleh sang bintang.

Terlebih, kelakuannya yang memperlihatkan dia masih memakai anting di bangku cadangan menunjukkan bahwa mantan penyerang Real Madrid itu memang tidak niat untuk bermain. Setiap pemain memang tidak diperkenankan memakai anting saat bermain di lapangan, termasuk mereka yang duduk di bench.

“Saya sudah menumpang kereta dari sejak pagi sekali demi bertemu Ronaldo dalam pertemuan dengan fan, namun saya merasa ditipu.”

“Saya kemudian memilih pulang ke Daegu tanpa menyaksikan pertandingan,” kata Kim Hyo-soon seperti dikutip dari Donga.

Dari Daegu ke Seoul menumpang kereta cepat memakan waktu hampir dua jam perjalanan. Di media sosial banyak fan yang mencurahkan kekecewaan mereka dengan berbagi pengalaman termasuk motivasi untuk menyaksikan Ronaldo bermain.

Ada fan yang sengaja mengajak saudara kandungnya yang tengah mengalami sakit parah untuk menyaksikan laga itu sebagai hiburan. Ada pula seorang bapak yang rela menghabiskan banyak uang dari tabungannya membeli sejumlah tiket untuk putri-putrinya menyaksikan permainan sang idola mereka.

Pihak promotor pertandingan pun mencoba memberikan penjelasan terkait tidak dimainkannya Ronaldo pada pertandingan persahabatan tersebut.

“Juventus berkata pada kami bahwa manajer dan pemain mengetahui klausul tersebut, namun Ronaldo tidak bisa bermain karena kondisi fisik [yang tidak prima]. Juventus kemudian tidak lagi menanggapi panggilan kami,” ucap TheFasta, dikutip dari Korea Joongang Daily.