Rizieq Sebar Hoax Surat Pencekalan, Pakar: Harusnya dengan Bukti yang Valid!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Habib Rizieq mengklaim dirinya tak bisa kembali ke Indonesia karena dicekal oleh oknum tertentu. Bahkan ia sempat menunjukkan surat bukti pencekalannya dalam sebuah cuplikan video.

Pernyataannya pun menjadi buah bibir dan menjadi polemik hingga dianggap Hoaks. Lantaran dia tak berupaya untuk mengkoordinasikan pencekalan tersebut ke pihak kementerian luar negeri ataupun bagian imigrasi Indonesia.

Menanggapi hal ini pakar intelijen Stanislaus Riyanta mengatakan, secara prinsip semua warga negara berhak atas perlindungan dari negara dan sebagai seorang warga negara Indonesia, Rizieq juga berhak perlindungan dari pemerintah.

Jika Rizieq merasa ada permasalahan ketika berada di luar negeri maka ia bisa meminta bantuan kepada pemerintah.

“Atau jika Rizieq merasa ada pencekalan, sebaiknya menunjukkan bukti itu sehingga bisa ditangani. Atau jika pencekalan tersebut dari pemerintah Indonesia maka bisa melakukan konfirmasi atau gugatan,” katanya, Senin 11 November 2019.

Menurut Stanislaus yang bisa menangani masalah Rizieq ini adalah kementrian luar negeri, karena saat ini Rizieq ada di Arab Saudi. Ditangani dalam arti supaya jelas apa permasalahannya dan bagaimana solusinya, dan ini dilakukan berdasarkan asas persamaan warga negara Indonesia.

“Persoalan ada permasalahan hukum yang harus dihadapi Rizieq di Indonesia, itu nanti akan berjalan ketika dia sudah kembali dan ditangani sesuai asas persamaan di muka hukum juga,” ujarnya.

Selanjutnya soal penunjukan surat bukti pencekalan, Stanislaus mengatakan, seharusnya Rizieq menunjukkannya ke pemerintah melalui perwakilannya di Kedutaan.

“Kalau hanya lewat unggahan di video bagaimana penanganannya (bisa dilakukan pemerintah). Yang jelas sebagai WNI, (Rizieq) sebaiknya lapor dan pemerintah tentu akan melindung warga negaranya yang bermasalah di luar negeri. Asalkan dengan bukti-bukti yang valid,” katanya.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini