Rivalitas Panas MU vs Leeds United

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANCHESTER – Duel panas akan tersaji di Old Trafford ketika Manchester United menjamu Leeds United. Meski bukan derby satu kota, duel kedua tim biasanya selalu berjalan panas.

MU akan menghadapi Leeds United, Minggu 20 Desember 2020. Ini adalah pertemuan pertama keduanya di ajang resmi setelah Leeds degradasi pada musim 2003/04. Di masa itu, Leeds adalah klub kaya yang pernah diperkuat banyak bintang. Sayang, salah dalam mengelola keuangan membuat Leeds bangkrut dan degradasi.

Setelah 16 tahun, Leeds akhirnya promosi lagi ke Liga Premier Inggris. Duel MU melawan Leeds selalu panas dan dikenal dengan sebutan Roses Derby. Menang bukan derby satu kota, tapi derby MU vs Leeds tak kalah panas.

Ada faktor sejarah yang membuat laga MU melawan Leeds berjalan panas. Leeds dan MU adalah tim working class football. Leeds, yang berada di daerah Yorkshire, terkenal dengan area indusrti wol dan mereka harus bersaing dengan Manchester, yang ada di daerah Lancashire, sebagai penghasil kapas.

Dulu pernah terjadi perang sipil yang melibatkan Lancashie dan Yorkshire. Peperangan antar dua daerah ini yang kemudian menyebabkan Battle of Rose atau Wars of Roses.

Battle of Rose ini berlangsung dari 1455 hingga 1487. Tujuannya saat itu adalah satu, memperebutkan tahta kerajaan Inggris, atau lebih tepatnya untuk menentukan siapa yang berhak memimpin Inggris.

Solskjaer mengaku tak sabar menghadapi Leeds lagi setelah 16 tahun lalu. Dia juga punya banyak pengalaman bagus saat masih menjadi pemain.

“Saya tak sabar, sudah terlalu lama. Tentu saja saya tahu arti pertandingan ini bagi suporter. Saya tahu arti laga ini bagi klub, tapi kali ini Leeds yang berbeda dimana mereka dilatih sosok sukses dan akan menjadi ujian berat untuk kami,” ujar Solskjaer, di laman resmi klub.

“Saya punya banyak pengalaman lawan Leeds saat masih bermain. Saya ingin mencetak dua gol di Elland Road (kandang Leeds). Saya mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan umpan Ryan Giggs. Saat itu saya masuk sebagai pemain pengganti. Tak hanya itu, ada banyak kenangan indah,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini