Rilis Fitur Baru Mirip Kabah, PUBG Lagi-lagi Picu Kontroversi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Game PlayerUnknown’s BattleGrounds (PUBG) terus memicu kontroversi. Setelah dianggap bisa memotivasi kekerasan, kali ini PUBG dinilai melecehkan umat Islam lantaran mengeluarkan fitur baru mirip Kabah.

Fitur baru itu muncul untuk menyambut ulang tahun PUBG dalam bentuk kotak hitam bernama Birthday Crate. Fitur tersebut menawarkan hadiah Birthday Chicken dan peluang meraih topeng khas disk jockey (DJ) Alan Walker.

Namun oleh sejumlah pihak, desain kotak hitam itu dianggap mirip dengan Kabah di Mekah yang disucikan oleh umat Islam.

Dilansir dari Mili Chronicle, Kamis, 28 Maret 2019, salah satu pengguna Twitter dengan akun @ShoebAsiddiqi1 bahkan berkomentar jika game ini telah melecehkan umat Islam.

“Salah satu kotak hadiah/ login PUBG tidak sopan, terlihat seperti Kabah, lokasi paling suci Muslim di seluruh dunia. Berharap kamu (pengembang) memperhatikan ini,” tulisnya.

Ini bukan pertama kalinya fitur PUBG menuai kontroversi. Beberapa waktu lalu, fitur topeng pelengkap kostum karakter di PUBG juga memancing amarah gamers di Jepang dan China.

Fitur tersebut menampilkan topeng berdesain matahari terbit yang biasa digunakan oleh militer Kekaisaran Jepang dan menjadi simbol yang dihormati di sana.

Usai muncul kontroversi, pihak pengembang PUBG pun meminta maaf dan menyatakan akan lebih teliti dalam mengeluarkan fitur di masa mendatang.

“Kami meminta maaf karena menyebabkan masalah pada item topeng. Kami akan melakukan pemeriksaan ulang keseluruhan dari proses produksi gambar untuk mencegah terulangnya hal itu. Kami akan meningkatkan prosedur untuk memeriksa item game sebelum rilis dan meminta penanggung jawabnya bertanggung jawab,” tulis mereka.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini