RI Tiru Gaya Busan untuk Bangun Ibu Kota Baru di Kaltim

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Korea Selatan (Korsel) menjadi negara yang bakal digandeng pemerintah Indonesia untuk membangun ibu kota bru di Kalimantan Timur. Pasalnya, negara tersebut memiliki ahli dalam bidang smart city.

Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga mengatakan Indonesia mau meniru gaya Busan untuk bangun ibu kota baru.

“Kita banyak belajar dari berbagai pemerintahan yang lain bagaimana mereka membangun. Salah satu keahlian dari Korea ini di bidang smart city salah satunya yang menonjol,” katanya.

Danis menjelaskan nantinya dari Indonesia akan dikirim staf untuk diberikan pelatihan mengenai tata kelola ibu kota di Korea Selatan. Danis bilang, beberapa kota di Korea Selatan yang ingin dipelajari yaitu Sejong dan Busan.

“Misalnya kita akan menukar teknologi misalnya mengirimkan beberapa belas staf kita untuk training di sana, belajar smart cities, kemudian nanti kita mengadakan seminar besar, berlanjut lah,” katanya.

Mengenai pemindahan ke lokasi yang baru, rencananya di mulai pada 2024. Pemindahan pertama yang akan dilakukan ialah pusat pemerintahan. “Kita mau pindah di 2024 atau 2025 lah. Kita sedang mau antara gedung pemerintahan atau gedung presiden (yang pertama dipindah),” katanya.

Konstruksi sendiri diharapkan dimulai pada akhir 2020. Sehingga dalam kurun waktu kurang dari empat tahun diharapkan ibu kota yang baru sudah terbangun. “Yang pertama 2020-2021 itu adalah infrastrukturnya, akses jalan, air bersih dan sebagainya. Di bangun gedung-gedung sekitar 2023,” katanya.

 

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini