Resmi Pensiun, Jack Ma Umumkan Penerus Alibaba

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Bos grup Alibaba, Jack Ma menyatakan secara resmi pengunduran diri dan pensiunnya dari jabatan saat ini. Pengumuman ini disampaikan Jack Ma pada hari ini, Selasa 9 September 2019.

Ma meninggalkan Alibaba dalam keadaan baik-baik saja. Perusahaan raksasa teknologi Cina itu saat ini bernilai total 460 miliar dolar AS, dengan pertumbuhan yang tengah melambat.

Tak hanya menyatakan pensiun, perpisahan Ma yang dirayakan di Stadion Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou itu juga menyelipkan agenda pengumuman siapa yang akan menggantikan pria berusia 55 tahun tersebut.

Pengumuman pewaris Alibaba itu disampaikan langsung oleh Jack Ma. Ia menyebut sebuah nama sebagai penerusnya, yakni Daniel Zhang, seperti dikutip dari Reuters.

Tanpa ragu, Ma yakin bahwa Zhang adalah seorang pemimpin dengan pemikiran kritis dan kreatif, yang siap menghadapi tantangan ke depan untuk Alibaba.

“Zhang komitmen terhadap visinya dan berani mengambil model bisnis industri inovatif,” ujar Ma.

Zhang kontras berbeda dengan Ma. Ia merupakan akuntan yang gemar berdagang dengan gaya bicara yang lembut. Salah satu tantangan yang harus ia hadapi, menemukan sumber pertumbugan baru saat sektor niaga-el Cina makin kuat.

Alibaba pada pekan lalu telah mengumumkan investasi US$2,7 miliar pada platforn ritel barang mewah, Kaola dan perusahaan streaming musik yang mengisyaratkan adanya adopsi strategi bisnis baru.

Penjualan ritel daring Alibaba hanya tumbuh 17,8% pada paruh pertama 2019, hampir setengah dari pertumbuhan sebesar 32,4% pada periode serupa tahun sebelumnya, menurut kantor statistik lokal.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini