Resmi Jadi Dirut PT PLN, Ini Profil Zulkifli Zaini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Nama Zulkifli Zaini akhirnya dipercaya oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Utama PT Pembangkit Listrik Negara (PLN). Dirinya menyisihkan nama Rudiantara mantan menteri Komunikasi yang digadang-gadang menjabat kursi dirut PLN.

Jika melihat perjalanan hidupnya, wajar saja jika pria yang merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kandidat kuat Direktur Utama PT PLN, berikut profile singkat mengenai dirinya.

Zulkifli Zaini memiliki gelar Sarjana Teknik sipil dari Institut Teknologi Bandung yang ia raih pada tahun 1980. Selain itu, ia juga memiliki gelar Master of Business Administration diperiolehnya dari Washington University, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Pria kelahiran 13 Januari 1956 Bukittinggi, Sumatera Barat tersebut mengawali kariernya sebagai bankir di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada tahun 1983.

Zulkifli Zaini sempat menempati beberapa posisi di Bapindo, diantaranya account officer, staff of banking and finance services, head of project finance, deputy branch manager, dan terakhir branch manager.

Pada Bank Mandiri, Zulkifli Zaini juga pernah menjabat sebagai Direktur Commercial Banking sebelum ia menjadi Direktur Utama. Selain itu, dia juga sudah menduduki berbagai jabatan di bank BUMN tersebut.

Misalnya sebagai team leader in credit risk management, vice president and division head of government relationship management, group head of retail risk management, dan senior executive vice president of distribution networks.

Zulkifli Zaini pernah diangkat sebagai Komisaris Independen Bank Permata sesuai hasil RUPSLB bank tersebut pada 26 September 2017 lalu. Selain itu sejak juni 2013 hingga saat ini Zulkifli Zaini menjabat sebagai Komisaris Independen PT Triputra Agro Persada Group. (Anis Fairuz)

 

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini